Rabu, 20 Mei 2015

Kasus Cyber Crime - Florence Sihombing





Negara Kesatuan Republik Indonesia ternyata memiliki banyak catatan kasus kejahatan dunia internet terbesar sebanyak 36,6 juta serangan cyber crime yang terjadi di Indonesia. Hal itu terlihat dengan keberadaan Indonesia pada peringkat ke-2 dunia kejahatan Cyber Crime. Pernyataan tersebut diambil dari kesimpulan catatan yang diambil dari State of The Internet 2013. (Akbar, 2015)
Dengan banyaknya kasus cyber crime, kami akan mengulas kasus Florence yang membuat heboh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Baciro/Lempuyangan, Yogyakarta pada Rabu, 27 Agustus 2014. Wanita 26 tahun ini marah-marah karena dianggap tak mau antre saat hendak mengisi bahan bakar minyak (BBM). Ketika itu ia yang mengendarai sepeda motor masuk ke jalur mobil di bagian Pertamax 95. Kekesalan Florence pun diungkapkan melalui akun Path miliknya dengan kalimat memaki-maki Kota Pelajar tersebut.
"Jogja miskin, tolol, dan tak berbudaya. Teman-teman Jakarta-Bandung jangan mau tinggal Jogja," tulis Florence dalam Path @florenceje, Kamis 28 Agustus 2014.
Makian melalui status di media sosial itu sontak menyebar di dunia maya. Kicauan tersebut pun menuai umpatan di berbagai media sosial.
Beberapa waktu kemudian, dia pun meminta maaf atas kata-katanya. Screen shoot permintaan maafnya itu di-posting oleh akun Twitter @swaragamafm Kamis, 28 Agustus 2014 pukul 8:36 AM dalam bentuk attachement image.
"Florence Sihombing memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Jogja via akun Path-nya juga. #FlashBreak."
Hanya saja nasi telah menjadi bubur. Walau telah meminta maaf di beberapa media sosial dan menggelar konferensi pers melalui pengacaranya, Florence ternyata tetap diproses secara hukum. Terutama dengan adanya gugatan dari sejumlah komunitas di Yogyakarta dengan tuduhan melanggar pasal 27 UU ITE.

Sumber :

Firdaus, O. (2014, Agustus 31). Florence Sihombing dan Rinada, Ironi di Dunia Maya . Retrieved Mei 18, 2015, from Liputan 6: http://news.liputan6.com
 

0 komentar:

Posting Komentar

Tiny Star
 

MEDIA SOSIAL & CYBER CRIME Template by Ipietoon Cute Blog Design